Rabu, 30 Maret 2011

About Corinne Bailey Rae

Ada yang tahu siapa Corinne Bailey Rae? Ya, cewek yang satu ini adalah seorang penyanyi dan penulis lagu yang berasal dari inggris. Biasanya kalau yang suka sama lagu-lagu jazz dan soul pasti tahu sama penyanyi yang satu ini. Ini salah satu penyanyi cewek favorit saya (hehehe). Berikut ini adalah biografi singkatnya.

Corinne Bailey Rae memiliki nama asli Corinne Jacqueline Bailey. Lahir di Leeds, Inggris, tanggal 26 Februari 1979 dari seorang ayah yang berasal dari St. Kitts and Nevis dan ibu yang berasal dari Inggris. Rae memulai karir musiknya di sekolah dimana ia belajar memainkan biola klasik sebelum dia mulai bernyanyi. Kemudian saat ia di gereja, ia mulai sering berlatih bernyanyi dan mulai mencoba membuat lagu sendiri. Karena kecintaanya bernyanyi dan membuat lagu membuat pelatihnya di gereja meminjamkanya uang untuk membeli gitar. Saat ia mulai dewasa, ia mulai menyukai band-band rock legendaris seperti Led Zaplin dan Jimi Hendrix.

Ia mulai membuat band yang beranggotakan perempuan semua yang diberi nama Helen yang band sejenis Veruca Salt dan L7. "Itu adalah saat pertama kali saya melihat perempuan dengan gitar. Mereka terlihat seksi tapi feminim. Aku ingin menjadi seperti itu."
kata dia. Kehadiran bandnya, Helen, memang memberikan variasi di tengah dominasi musisi indie laki-laki. Apalagi Rae, sebagai pendiri band dan vokalis Helen, berasal dari ras campuran. Suatu hal yang membanggakan saat itu.

Mereka bermain di gigs sekitar Leeds, dan menjadi band indie pertama yang masuk ke sebuah label heavy metal yang bernama Roadrunner, yang juga pernah dimasuki Slipknot di tahun 1995. Band itu tidak bertahan lama karena sang bassist hamil dan akhirnya band itu bubar.

Kemudian Bailey Rae melanjutkan belajar Sastra Inggris di University of Leeds dan lulus di tahun 2000. Saat dia kuliah, dia juga bekerja di sebuah klub jazz lokal sebagai pelayan penitipan topi. Saat bisnis di klub itu sedang berjalan lambat dia sering kali disuruh bernyanyi dengan band jazz di sana. Dan disinilah dia mulai mengenal musik baru yang berbeda dari yang dia tekuni sebelumnya. Dia mulai menyukai musik jazz dan soul.


Saat dia bekerja bekerja di klub jazz tersebut dia bertemu dengan seorang Skotlandia bernama Jasson Rae. Lalu dia menikahinya di tahun 2001 saat berusia 22 tahun dan menggati namanya menjadi Corinne Bailey Rae. Jasson Rae adalah seorang musisi yang bermain saxophone di grup band bernama Higgs Horn. Tahun 2008, suaminya meninggal akibat overdosis di flat nya di Hyde Park.

Karir Musiknya
Tiga tahun setelah pernikahannya, tepatnya tahun 2004, Rae memulai karir solonya, dengan mengusung musik soul. Dia berkolaborasi dengan The New Mastersounds di track “Your Love is Mine”. Setahun berikutnya ia kembali berkolaborasi, kali ini dengan Homecut Directive, dalam lagu “Come the Revolution”.

Tahun 2004, Rae masuk ke Global Talent Publishing yang mempertemukan dia dengan Mark Hill (duo The Artful Dodger). Hill yang juga dikenal dengan The stiX, saat itu sedang mengerjakan album barunya “Better Luck Next Time” dan ia mengajak Rae berkolaborasi di lagu “Young and Foolish”.
Debut single Rae, “Like a Star”, rilis November 2005 dan masuk dalam debut albumnya, “Corinne Bailey Rae”, di Februari 2006. September di tahun yang sama, dia menyabet MOBO Award UK, untuk “Best UK Newcomer”. Ia juga menjadi nominee di Grammy Awards tahun 2007, untuk kategori Record of the Year, Song of the Year, dan Best New Artist. Di acara ini ia juga tampil dan berkolaborasi dengan John Legend untuk lagu “Coming Home” dan dengan John Mayer di lagu “Gravity”.
Corinne Bailey Rae Discography
Studio Album :
  • Corinne Bailey Rae (2006)
  • The Sea (2010)
Single :
  • Like a Star (2005)
  • Put Your Records On (2006)
  • Trouble Sleeping (2006)
  • Like a Star (re-entry) (2006)
  • I'd Like To (2007)
  • I'd Do It All Again (2010)
  • Paris Nights/New York Mornings (2010)
  • Closer (2010)
  • Is This Love (2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar